Friday, May 8, 2020

YUK, KENALI MAKANAN YANG BERGIZI DAN BAIK DIKONSUMSI SEBELUM BEROLAHRAGA




Setiap hari, makanan yang Anda makan memainkan peran sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi ketika kalian akan berolahraga. asupan makanan harus tetap terjaga supaya energi yang telah hilang dapat cepat tergantikan. Salah satu nutrisi yang bisa Anda konsumsi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakann sumber energi yang paling penting untuk tubuh. Dengan demikian, Anda akan bisa beraktifitas dengan lancar tanpa terganggu dengan keadaan tubuh yang tidak bugar.
Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan pilihan makanan bergizi sehat yang cocok untuk tubuh. Maka dari itu Anda perlu mengetahui beberapa makanan sehat ini sebelum berolahraga. 
Dikutip dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berolahraga.
1.  Alpukat
Buah alpukat berbeda dengan kebanyakan buah yang Anda temui sehari-hari. Alpukat memiliki kadar asam oleat tinggi yang dapat membantu memperbaiki sel. Jika Anda mengonsumsi alpukat sebelum berolahraga, akan mengurangi peradangan di tubuh. Lemak serat yang tinggi juga akan membuat Anda tidak merasa lapar saat berolahraga.
Buah ini bisa Anda kombinasikan dengan makanan lain. Misalnya, telur dan roti tawar yang bisa dikreasikan menjadi makanan modern namun tetap bergizi.
2.  Pisang
Jika alpukat adalah buah dengan kandungan lemak sehat, pisang justru mengandung kalium terbaik dari semua buah yang ada. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu Anda konsumsi dalam sehari.
Pisang juga sangat bagus dalam penyedia karbohidrat sebagai bahan bakar yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf. Memakan pisang sebelum berolahraga membuat tubuh Anda mendapat asupan protein penting guna membangun dan memperbaiki otot.
3.  Oats
Oatmeal sering disebut sebagai superfood karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan makanan dengan sumber karbohidrat dan serat yang cukup tinggi.
Oats juga mengandung serat yang berfungsi memfasilitasi pelepasan karbohidrat dengan stabil sehingga memberikan energi tubuh untuk berolahraga. Apalagi, dalam oat terkandung kandungan vitamin B yang  berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Inilah mengapa oats menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga.
4. Yogurt dan Buah
Mengonsumsi yoghurt secara teratur, dapat mempengaruhi fungsi otak secara positif, dan vitamin yang terkandung dalam yogurt antara lain adalah fosfor, kalium, riboflavin, yodium, seng dan vitamin B6. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik.
Dan kombinasi antara buah dan yogurt adalah suatu kolaboratif yang apik untuk dimakan sebelum memulai olahraga, karena terdapat kandungan karbohidrtat dari buah dan protein dari yogurt yang berguna untuk mencegah kerusakan otot.
5. Telur
Telur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Dan Telur merupakan sumber protein dan zat besi juga berbagai vitamin yang baik buat kesehatan.
Untuk kalian yang ingin makan telur sebelum olahraga, kalian lebih dianjurkan untuk makan putih telurnya saja karena didalam putih telur tidak mengandung lemak seperti kuning telur dan memberikan 4 gram protein, yang baik bagi tubuh
6. Smoothies Buah
Selain enak, smoothies buah juga berguna menjadi makanan ringan pra Latihan, yang bisa membantu tubuh mendapatkan energi cukup karena mengandung protein berkualitas tinggi. Smoothie buah juga mudah dicerna dan memiliki kombinasi karbohidrat sederhana.
7. Roti Gandum
Roti gandum adalah sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi sebelum berolahraga. Roti Gandum mengandung 80 hingga 90 kalori per lembarnya. Makanan untuk sarapan ini juga memiliki 2 gram serat dan rendah gula. Hanya sekitar 1 gram gula dalam satu lembar roti. Anda bisa mengonsumsi setangkup roti gandum ini dengan selai kacang ataupun madu untuk mendapatkan lebih banyak asupan bahan bakar dalam tubuh.

sumber : lifestyle.okezone.com

3 comments:

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)
    WA;+855969190856

    ReplyDelete